Sispala Pelangi 2009-2010

Diposkan oleh SISPALA PELANGI , Sabtu, 17 April 2010 01.59

Latar Belakang

Sesuai dengan tuntutan perkembangan pendidikan yang diamanatkan UU dan dirancang dalam bentuk kurikulum , maka siswa harus mempunyai kemampuan intelektual, psykomotor, dan afektif. Oleh karena itu, dibentuklah berbagai macam wadah pengembangan diri di sekolah – sekolah sesuai dengan profesi penekunannya sendiri yang bersifat ekstrakurikuler, akan tetapi di satu sisi sudah merupakan organisasi mandiri yang berdiri sendiri. Salah satunya ialah Siswa Pecinta Alam yang biasa disingkat menjadi Sispala.

Siswa Pecinta Alam adalah adalah sebuah wadah pembinaan generasi muda berjiwa lapangan, yang dapat dilaksanakan di sekolah maupun di luar sekolah. Dalam prosesnya, siswa anggota dari himpunan pecinta alam ini yang disebut sebagai anggota Sispala difasilitasi peningkatan pengetahuan, keterampilan dan sikap sehingga dapat menjadi siswa yang berjiwa lapangan dan kekeluargaan yang tinggi yaitu mengetahui, memahami dan berprilaku sesuai prinsip dasar gerakan pecinta alam pada umumnya. Dengan pengetahuan, keterampilan, sikap yang dimiliki dan terus dikembangkan, Sispala juga dapat berperan sebagai “ Peer Educator “ atau pendidik sebaya, berbagi pengetahuan, keterampilan, dan sikap kepada teman sebayanya, sehingga terjadi peningkatan keterampilan hidup atau “Life Skill” untuk mendorong terjadinya perubahan perilaku positif pada kalangan siswa.

Seiring dengan peningkatan mutu dari organisasi Sispala itu sendiri, maka sangatlah dibutuhkan pengadaan berbagai macam pelatihan / diksar(pendidikan dasar), event – event, baik itu event secara internal yang hanya melibatkan anggota dalam maupun external dengan berinteraksi dengan organisasi Sispala, Mapala(Mahasiswa Pecinta Alam), ataupun KPA(Kelompok Pecinta Alam) lain. Demi kesuksesan hal tersebut, maka sangat perlulah disusun sebuah rencana Program Kerja yang jelas sehingga segala kegiatan yang dilaksanakan nantinya bisa terarah dan terlaksana sesuai dengan harapan bersama. Dan juga demi suksesnya Progran Kerja yang disusun tersebut, maka sangatlah utama dan dirasa sangat penting keberadaan serta kelengkapan alat – alat ataupun sarana dan prasarana dari organisasi Sispala itu sendiri.

Begitu pulalah halnya dengan salah satu wadah pengembangan bakat atau yang biasa dikenal dengan ekstrakurikuler di SMA Negeri 3 Padang, yaitu Sispala “Pelangi”. Sangat diharapkan untuk masa yang akan datang, setelah terlengkapinya alat – alat inventaris yang dalam hal ini merupakan salah satu dari faktor penting terwujudnya Program Kerja yang telah disusun, Sispala Pelangi SMA Negeri 3 Padang ini akan lebih eksis lagi bukan hanya di lingkungan sekolah saja, akan tetapi juga di lingkup wilayah yang lebih besar.

Tujuan

Adapun tujuan utama dibentuknya Sispala “Pelangi itu sendiri adalah:

1. Sebagai wadah pengembangan diri bagi siswa yang ingin membangun potensi dirinya berdasarkan bakat, minat, ataupun kemauan yang berasal dari siswa itu sendiri. Dan nantinya ini akan bisa menjadi suatu pengembangan profesi yang akan sangat berguna bagi kehidupan siswa kelak.

2. Demi tumbuh kembangnya pembangunan profesi itu dengan baik, maka siswa akan dibekali pengetahuan yang nantinya langsung diaplikasikan sewaktu terjun ke lapangan yang bisa didapatkannya melalui pendidikan dasar yang diberikan senior – seniornya

3. Disamping sebagai sebuah pengembangan profesi, siswa akan dibekali sebuah pengalaman berorganisasi yang akan didapatkannya dimulai sebagai seorang calon anggota samapai siswa tersebutlah yang menjalankan organisasi Sispala “Pelangi” itu sendiri sebagai senior nantinya.

4. Menumbuhkan kembangkan karakteristik siswa yang merupakan modal dasar bagi siswa itu sendiri untuk bisa bersikap dan bertindak sebagaimana mestinya seseorang berada di sebuah organisasi, dengan meningkatkan kedisiplinan siswa, rasa nasionalis, kesadaran bertanggung jawab, kebersamaan kekeluargaan sebaimana kata pepatah minang “Sadanciang bak Basi, Saciok bak Ayam” dan terakhir yang tidak kalah pentingnya yaitu sebuah loyalitas terhadap organisasi.

5. Membuat siswa bisa mengikuti kegiatan dengan baik tanpa terganggunya kegiatan belajar siswa dan hendaknya menjadi sebuah pemacu pula bagi siswa selama mengikuti PBM di sekolah.

Struktur Organisasi

Sebagai pertanggung jawaban administrasi dan struktural, maka disusunlah sebuah Struktur Organisasi Sispala “Pelangi” SMA Negeri 3 Padang sebagai berikut:

Penanggung jawab

Ø Kepala sekolah : Dra. Monalisa

Kepengurusan inti

Ø Ketua : M. Al Fariy (XI IPS 1)

Ø Wakil Ketua : Nadiah Maifersary (XI IPA 3)

Ø Sekretaris : Rizki Rahmat Fikkar (XI IPA 7)

Ø Bendahara : Wilda Tri Yuliza (XI IPA 4)

Ø Kordinator Lapangan : Achirul Zikri (XI IPS 2)

Ø Tata Tertib & Ketua Divisi : M. Iqbal (XI IPS 2)

Ø Humas : Amalya Riva Putri (XI IPA 3)

Ø Inventaris : M. Isra Al Hanif (XI IPS 2)

Anggota Istimewa

Ø Angkatan XXIV / Kelas XII


Anggota(angkatan XXIV-XXVI)

Ø 10 orang kelas XIII

Ø 08 orang kelas XI

Ø 08 orang kelas X


A. Anggota Kelas XII (Angkatan XXIV)

No.

Nama

Jabatan

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

Adythia Pratama

Bangga Pramana

Eko Kurnianto

Fajar Budiman

Fajar Riandi Tanjung

Kedhy Lavandino

Machmum Aliefiya

Oky Febri Wahyudi

Randy Yusman

Tommy Kumbara

Anggota Istimewa

Anggota Istimewa

Anggota Istimewa

Anggota Istimewa

Anggota Istimewa

Anggota Istimewa

Anggota Istimewa

Anggota Istimewa

Anggota Istimewa

Anggota Istimewa


C. Anggota Kelas X (Angkatan XXV)

No.

Nama

Kelas

Jabatan

1

2

3

4

5

6

7

8

Afdal Kurniawan

Aldi

Fatwa Ikrar Risa

Gumelar Habib Sabimmo

Mellany Seprina M.

Rizal

Rini Seprita

Taufiq Maulana

X.9

X. 6

X. 7

X. 4

X. 8

X. 4

X. 9

X. 8

Calon Anggota

Calon Anggota

Calon Anggota

Calon Anggota

Calon Anggota

Calon Anggota

Calon Anggota

Calon Anggota

Alumni

Ø Semua anggota Sispala Pelangi SMA Negeri 3 Padang angkatan I-XXIII

Foto : Para alumni SMAN 3 Padang yang beranggotakan Sispala Pelang

IV. Kegiatan

A. Jenis Kegiatan

Adapun kegiatan – kegiatan yang dimiliki oleh Sispala “Pelangi”, yang beberapa diantaranya diadaptasikan dari divisi yang dimiliki, yaitu:

1. Materi ruangan

2. Aplikasi lapangan

ü Divisi Mounteneering(rimba gunung)

ü Divisi Caving(penelusuran goa)

ü Divisi Climbing(Ppanjat tebing) Foto : caving




Foto : Foto bersama di tower gunung Singgalang

Pendanaan

Dana kegiatan Sispala Pelangi berasal dari alokasi dana OSIS dan uang kas dari setiap anggota Sispala “Pelangi” SMA Negeri 3 Padang serta bantuan dari pihak lain.

Adapun segala kebutuhan yang sangat perlu untuk dipenuhi dalam waktu dekat ini demi tercapainya pengadaan alat inventaris akan dilampirkan pada halaman belakang laporan ini.

Sarana dan Prasarana

Satu – satunya sarana yang dimiliki oleh Sispala “Pelangi” saat ini adalah Wall Climbing terdiri dari 5 papan yang terletak di tengah aula SMA Negeri 3 Padang. Wall ini merupakan salah satu sarana penting dalam Divisi Climbing. Dibangun oleh alumni Pelangi ’94 dengan penuh perjuangan dan kerja keras. Dan alhamdulillah wall tersebut masih bisa bertahan sampai saat sekarang ini.

Dan sampai saat ini Sispala “Pelangi” belum mempunyai prasarana yang memadai yang insya allah sedang dalam tahap pengadaan dengan mewujudkan alat inventaris.

1 Response to "Sispala Pelangi 2009-2010"

Nafarin Muhammad Says:

sukses selalu bro, salam dari Sispala Smaktudi. SMKN 1 Batumandi Kab.Balangan Kalimantan Selatan.

Poskan Komentar